Bagaimana Proses Belajar Dan Mengajar Yang Efektif

Bagaimana proses belajar dan mengajar yang efektif
Setiap orang terkadang bingung bagaimana caranya belajar yang efektif itu, dan kadang juga ada yang merasa akan hal sia-sia belajar tapi hanya sekedar lewat sajaa. tetapi selalu ingat namanya belajar itu tidak akan ada yang sia-sia selagi kitanya beniat dan berusaha. Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan menurut buku ( Drs. Slameto "Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya" ) yang saya baca mengenai cara belajar yang efektif.

Cara Belajar Yang Efektif

1. Perlunya bimbingan

Untuk mempertinggi produksi, maka Miunsterberg dan Taylor mengadakan penyelidikan ilmiah tentang cara-cara bekerja efisien. Efisien dalam industri telah banyak menjadi kenyataan, sehingga pemborosan bahan dan waktu di perkecil seminimal mungkin.

Demikian pula dalam hal belajar ada cara-cara yang dfisien dan tak efisien. Banyak siswa dan atau mahasiswa gagal atau tidak mendapatkan hasil yang baik dalam pembelajarannya karena mereka tidak mengetahui cara-cara belajar yang efektif. Mereka kebanyakan hanya menghafal pelajaran.

Seperti diketahui, belajar itu sangat kompleks. Belum diketahui segala seluk-beluknya. Hasil belajara sangat di pengaruhi oleh berbagai faktor. Kecakapan dan ketangkasan belajar berbeda dengan cara individual. Walaupun demikian kita dapat membatu siswa dengan memeberi petunjuk-petunjuk umum tentang cara belajar yang efisien. Ini tidak berarti bahwa mengenal petunjuk-petunjuk itu dengan sendirinya akan menjamin sukses siswa. Sukses hanya tercapai berkat usaha keras. Tanpa usaha keras tak akan tercapai sesuatu.

Disamping memberikan petunjuk-petunjuk tentang cara-cara belajar, baik pula siswa diawasi dan di bimbing sewaktu mereka belajar. Hasilnya lebih baik lagi kalau cara-cara belajar di praktekan dalam tiap pembelajaran yang di berikan.

2. Kondisi dan Strategi belajar 

Belajar yang efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang di harapkan sesuai dengantujuan intruksional yang ingin di capai. Untuk mengingkatkan cara belajar ayng efektif perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini

A. Kondisi Internal

Yang dimaksud dengan kondisi internal ialah kondisi yang ada di dalam diri siswa itu sendiri misalnya kesehatannya, keamanannya, ketentramannya, dan sebagainya. Siswa dapat belajar dengan baik apabila kebutuhan-kebutuhan internalnya dapat di penuhi. Menurut maslow ada 7 jejang kebutuhan primer manusia yang harus di penuhi, yakni :

  • Kebutuhan fisiologis, yaitu kebutuhan jasmani manusia misalnya kebutuhan akan makan, minum, tidur, istirahat dan kesehatan.
  • Kebutuhan akan keamanan. Manusia butuh yang namanya ketentraman dan keamanan jiwa. Perasaan kecewa, dendam, akan takut kegagala, keseimbangan mental, kegoncangan emosi akan mengganggu kelancaran belajar seseorang
  • Kebutuhan akan kebersamaan dan cinta. Manusia dalam hidup membutuhkan kasih sayang dari orang tua, saudara dan teman-teman lainnya. Disamping itu ia akan merasa berbahagia apabila dapat membatu dan memberikan cinta kasih pada orang lain pula.
  • Kebutuhan akan status. Tiap orang akan berusaha agar keinginannya dapat berhasil. Untuk kelancaran belajar perlu optimis, percaya akan kemampuan diri, dan yakin bahwa ia dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
  • Kebutuhan self-actualisation. Belajar yang efektif dapat diciptakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri, image seseorang. Tiap orang pasti akan berusaha memenuhi keinginan yang di cita-citakan.
  • Kebutuhan untuk mengetahui dan mengerti. Yaitu kebutuhan untuk memuaskan rasa ingin tahu, mendapatkan pengetahuan, informasi dan untuk memenuhi sesuatu.
  • Kebutuhan estetik yaitu kebutuhan yang di manifestasikan sebagai kebutuhan dan keteraturan, keseimbangan dan kelengkapan dari suatu tindakan. 
Rangkuman Sumber Buku : Drs. Slameto "Belajar Dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya"
Penjelasan Selanjutnya
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”