Pengertian Ilmu Psikologi Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Ilmu Psikologi Menurut Beberapa Ahli
Menurut arti kata-katanya maka psikologi sering di terjemahkan menjadi ilmu jiwa, yakni dari kata psyche yang berarti jiwa, roh, dan logos yang berartikan ilmu. Sebenernya terjemahan tersebut kurang tepat, karena bertitik tolak dari pandangan dualisme manuisa, yang menganggap bahwa manusia itu terdiri dari dua bagian yaitu jasmani dan rohani.

Seolah-olah kalau kita mendengar Psikologi atau "Ilmu Jiwa", maka terbayang pada kita bahwa yang di pelajari oleh ilmu itu ialaha seseuatu yang tidak kelihataan, yang abstrak, yang berada di dalam diri manusia atau makhluk hidup yang lainnya. Segala sesuatu yang kelihataan, yang bersifat jasmani pada diri manusia tidak menjdai persoalan.

Pandangan atau bayangan yang demikian adalah tidak benar, keliru, psikologi adalah ilmu yang ingin mempelajari manusia. Manusia sebagai suatu kesatuan yang bulat antara jasmani dan rohani, manusia sebagai individu. R.S Woodworth memberi batasan tentang psikologi sebagai berikut : "Psychology can be defined as the science of the activities of the individual".

Apa yang di hendaki di selidiki oleh psikologi ialah segala sesuatu yang dapat memberikan jawaban tentang apa sebenarnya manusia itu, mengapa iya melakukan/berbuat sedemikian, apa yang mendorong nya berbuat demikian, apa maksud tujuan ia berbuat demikian. Dengan singkat dapat kita katakan bahwa psikologi ialah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Tentu saja kata tingkah laku disini harus di artikan secara luas.

Yang di maksud tingkah laku disini ialah segala kegiatan atau tindakan atau perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, yang di sadari maupun yang tidak di sadarinya. Termasuk di dalamnya ialah : cara iya berbicara, berjalan, berpikir atau mengambil keputusan, cara ia melakukan sesuatu, caranya bereaksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya, maupun dari dalam dirinya. Dengan kata lain bagaimana cara manusia itu atau seseorang berinteraksi dengan dunia luar, seperti yang di katakan oleh Woodworth : Psycology studies the individual's activies in relation to environment.

Crow dan crow memberikan batasan tentang psikologi sebagai berikut : psycholog is the study of human behavior and human relationship. Dari batasan tersebut jelas bahwa yang di pelajari oleh psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik yang berupa manusia lain maupun yang bukan manusia : hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya. Kiranya perlu di ingat juga, bahwa psikologi tidak hanya berhubungan dengan tingkah laku manusia saja. Ahli-ahli psikologi menyelidiki juga tingkah laku hewan seperti simpanse, anjing, tikus, serangga dan lainnya. Penyelidikan terhadap hewan itu dilakukan dalam hubungan penyelidik tentang tingkah laku manusia.

Sumber Buku : Pisikolog Pendidikan ( Drs. M. Ngalim Purwanto, Mp.)
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”