Inilah Peran Guru Dalam Proses Belajar Mengajar


Inilah Peran Guru Dalam Proses Belajar Mengajar
Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberikan fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuannya. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pelajaran hanyala merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses yang dinamis dalam segala fase dan proses perkembangan siswa. Secara lebih terperinci tugas Guru berpusat sebagai berikut :
  1. Mendidik dengan titik berat memberikan arahan dan motivasi pencapaian tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  2. Memberikan fasilitas pencapaian tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai.
  3. Membatu perkembangan aspek-aspek pribadi seperti sikap, nilai-nilai, dan penyesuaian diri. Demikianlah dalam proses belajar mengajar guru tidak terbatas sebagai penyampai ilmu pengetahuan akan tetapi lebih dari itu, ia bertanggung jawab akan keseluruhan perkembangan kepribadian siswa. Ia harus mampu menciptakan proses belajar yang sedemikian rupa sehingga dapatt merangksang siswa untuk belajar secara aktif dan dinamis dalam memenuhi kebutuhan dan menciptakan tujuan.
Baca Juga :
Disamping itu guru pun juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang telah terjadi pada saat ini, agar siswa juga dapat belajar dari berbagai sumber dan media seperti surat kabar, radio, televisi, film dan sebagainya, dan mereka pun dapat belajar dalam berbagai kesempatan dan kegiatan di luar sekolah. Maka dengan begitu peran guru sangatlah luar untuk memotivasikan siswa agar lebih giat lagi dalam hal belajar.


Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

3 comments

emang jasa guru sangat besar .. walau kadang kesal .. nanti waktu udah dapet kerja baru kita sadar

Balas

Pendidikan harus jadi nomor 1, terlebih kalau dari sistem yang terus diperbaiki menjadi hal yang penting.

Balas

Wah jarang banget ada blogger yang bahas hal ini... thanks banget gan... artikel ini mengingatkan saya dengan guru SD saya yang selalu berupaya membantu saya untuk belajar dengan baik.

Balas

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”