14 Rumus Excel yang sering kali digunakan pada dunia kerja
1. IF
Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.
- Rumus IF
- Contoh IF
=IF(2 > 3, "Benar", "Salah") > "Salah"
2. SUM
Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka.
- Rumus SUM
- Contoh SUM
=SUM(a1,a2,a3)
3. COUNT
Fungsi rumus Excel COUNT adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka.
- Rumus COUNT
- Contoh COUNT
4. CountA
Fungsi rumus Excel CountA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya.
- Rumus CountA
CountA(value1,[value2]...])
- Contoh CountA
5. CountIF
Fungsi rumus Excel CountIF adalah menghitung jumlah cell pada suatu range yang memiliki suatu kriteria tertentu.
- Rumus CountIF
- Contoh CountIF
6. SumIF
Fungsi rumus Excel SumIF adalah menjumlahkan suatu item di table yang cocok dengan suatu kondisi tertentu.
- Rumus SumIF
- Contoh SumIF
7. Macth
Fungsi rumus Excel Macth adalah menunjukan posisi relatif suatu item di table yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. contohnya kita mencari apakan pada suatu tabel ada nama orang tertentu.
- Rumus Macth
- Contoh Macth
8. VLookUP
Fungsi rumus Excel VLookUp adalah Mencari suatu item di kolom, di table, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.
Contohnya, Kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
- Rumus VLookUP
- Contoh VLookUP
9. SumIFs
Fungsi rumus Excel SumIF adalah mencari suatu item di kolom, di table, dan mengambil nilai yang ada dikolom lain pada table tersebut. Contohnya, kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
- Rumus SumIFs
- Contoh SumIFs
10. Round
Fungsi rumus Excel Round adalah membuat angka ke dalam bentuk desimal sesuai angka yang kamu inginkan.
- Rumus Round
- Contoh Round
11. Trim
Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan text dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.
- Rumus Trim
- Contoh Trim
12. Proper
Fungsi rumus Excel Proper adalah mengubah text kedalam bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).
- Rumus Proper
- Contoh Proper
13. Upper
Fungsi rumus Excel Upper adalah mengubah text kedalam bentuk Upper case (huruf besar semua)
- Rumus Upper
- Contoh Upper
14. Lower
Fungsi rumus Excel Lower adalah mengubah text kedalam bentuk lower case (huruf kecil semua)
- Rumus Lower
- Contoh Lower
Dan inilah 14 rumus yang sering digunakan pada dunia kerja, jika bermanfaat silahkan share artikel ini dan terima kasih banyak sudah membacanya.