Bagaimana Mengajar Yang Efektif itu ?
Mengajar yang efektif ialah mengajar yang dapat membawa belajar siswa yang efektif pula. Belajar disini adalah suatu aktivitas mencari, menemukan dan melihat pokok masalah. Untuk melaksanakan Mengajar yang efektif diperlukan syarat-syarat sebagai berikut.
- Belajar secara aktif , baik mental maupun fisik. Didalam belajar siswa harus mengalami aktivitas mental, misalnya pelajar dapat mengembangkan kemampuan intelektualnya kemampuan berfikir kritis.
- Guru harus banyak menggunakan banyak metode pada waktu mengajar. Variasi metode mengakibatkan penyajian bahan pelajaran lebih menarik perhatian siswa dan mudah di terima siswa.
- Motivasi, hal ini sangat berperan pada kemajuan , perkembangan siswa selanjutnya melalui proses belajar.
- Kurikulum yang baik dan seimbang, kurikulum sekolah yang memenuhi tuntutan masyarakat di katakan bahwa kurikulum itu baik dan seimbang. Kurikulum ini juga harus mampu mengembangkan segala segi keperibadian siswa.
- Guru perlu mempertimbangkan perdedaan individual, guru tidak cukup merencanakanpengajaran klasikal, karena masing masing siswa mempunyai perbedaan.
- Guru akan mengajar efektif bila selalu membuat perencanaan sebelum mengajar, dengan persiapan mengajar guru akan makin mantap di depan kelas.
- Pengaruh guru yang sugestif perlu di berikan pula kepada siswa, Sugestif yang kuat akan merangsang siswa untuk lebig giat belajar.
- Seorang guru harus memiliki keberanian menghadapi siswa-siswanya dan juga masalah-masalahnyayang timbul waktu proses mengajar belajar berlangsung.
- Guru harus mampu menciptakaan suasana yang demokratis di sekolah. Lingkungan yang saling menghormati dan dapat mengerti kebutuhan siswanya.
- Pada penyajian bahan pelajaran pada siswa, guru perlu memberikan masalah-masalah yang merangsang untuk berfikir.
- Semua pelajaran yang diberikan pada siswa perlu diintegrasikan, sehingga siswa memiliki pengetahuan yang terintegrasi.
- Pelajaran sekolah perlu di hubungkan dengan kehidupan yang nyata di masyarakat, Bentuk-bentuk kehidupan dimasyarakat dibawa kesekolah,agar siswa mempelajari sesuai dengan kenyataan.
- Dalam interaksi belajar mengajar, guru harus banyak memberikan kebebasan kepada siswa, untuk dapat menyelidiki sendiri, mengamati sendiri, belajar sendiri dan mencari pemecahaan permasalahan sendiri.
- Pengajaran remedial, banyak faktor yang membuat penyebab kesulitan belajar. Guru perlu meneliti faktor-faktor itu, agar dapat memberikan diagnosa kesulitan belajar dan menganalisa kesulitan-kesulitan itu.